Senin, 26 Desember 2016

MACAM-MACAM MODEL PEMBELAJARAN



MODEL PEMBELAJARAN
l  Belajar kolaboratif:cara belajar 2 orang atau lebih dg tujuan yg sama dan adanya ketergantungan satu sama lain. Dalam belajar kolaboratif pebelajar dapat mengembangkan pengetahuan bersama maupun pengetahuan individu
l  Belajar kooperatif juga merupakan cara belajar bekerja sama, namun para anggota belum tentu mempunyai tujuan yang sama. Antar pebelajar yang saling bantu hanya sebatas apa yang dibutuhkan oleh temannya
l  Belajar kuantum: kegiatan belajar dg suasana yang menyenangkan, guru menggubah (mengorkestrasi) segala sesuatu yg ada di sekelilingnya sehingga pebelajar bergairah 
l  Belajar tematik: pembelajaran yang memadukan beberapa bidang studi berdasarkan suatu tema sebagai payung (kerangka isi). Sehingga pebelajar diharapkan memahami hubungan (mata pelajaran) secara terpadu

Rumpun Model Mengajar
l  Ada 4 rumpun model mengajar:
ü  model sosial:
ü  pemrosesan informasi,
ü  model personal,
ü  model sistem perilaku.
1.     Rumpun model sosial dirancang untuk :
·         menilai keberhasilan dan tujuan akademik, termasuk studi tentang nilai-nilai sosial, kebijakan publik, memecahkan konflik.
·         membentuk masyarakat belajar. (Bentuk kelompok/kelas/kejar paket dan sebagainya)
2.     Model Pemrosesan Informasi
  • Meningkatkan pembawaan seseorang
  • Memahami dunia dengan memperoleh dan mengorganisasikan data,
  • Memahami masalah & mencari pemecahan-nya,
  • Mengembangkan konsep-konsep dan bahasa untuk menyampaikannya

3.     Model Belajar Personal
  • Di mulai dari pandangan tentang harga diri individu.
  • Seseorang berusaha memahami diri sendiri dengan lebih baik,
  • bertanggung jawab atas pendidikannya sendiri
  • belajar mencapai pengembangan yang baru dengan lebih kuat, lebih sensitif, dan lebih kreatif dalam meraih kehidupan yang berkualitas tinggi
4.     Model Sistem Perilaku Sering Disebut Teori Belajar Sosial
·         Manusia memiliki sistem komunikasi koreksi diri yang memodifikasi perilaku dalam merespon informasi tentang seberapa jauh keberhasilan tugas-tugas yang dikehendaki. Secara bertahap, perilaku disesuaikan dengan balikan sampai ada kemajuan dalam meniti anak tangga dengan aman




Tidak ada komentar:

Posting Komentar