RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA
SEKOLAH : SMA MAJU PERMAI
KELAS/SEMESTER : X-1
MATA
PELAJARAN : SOSIOLOGI
PERTEMUAN : 1
ALOKASI
WAKTU : 2X40 MENIT
A.
Standar Kompetensi
·
Memahami Perilaku keteraturan
hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
B.
Kompetensi Dasar
·
Menjelaskan fungsi sosiologi
sebagai ilmu yang mengkaji hubungan
masyarakat dan lingkungan
C.
Indikator Pembelajaran
·
Mendefinisikan sosiologi
sebagai ilmu dan metode
D.
Tujuan Pembelajara
·
Murid dapat mendefinisikan
pengetahuan dan ilmu pengetahuan
·
Murid dapat
memahami syarat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
·
Murid dapat menjelaskan batasan
pengertian dan ruang lingkup sosiologi
·
Murid dapat
memahami sejarah dan pekembangan sosiologi
·
Murid dapat memahami teori dan metode kajian
sosiologi
E.
Materi Pembelajaran
·
Pengetahuan
dan Ilmu Pengetahuan
·
Syarat
sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
·
Batasan
Pengertian dan Ruang Lingkup Sosiologi
·
Sejarah
dan Perkembangan Sosiologi
·
Teori
Sosiologi dan Metode kajian Sosiologi
F.
Metode dan Strategi Pembelajaran
·
Ceramah Variatif
·
Presentasi
·
Tanya Jawab
G.
Kegiatan Belajar
No
|
Langkah Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Media
|
Waktu
(menit)
|
1
|
Kegiatan
Pendahuluan
a.
Pembukaan
b.
Presensi
c.
Apersepsi
|
· Guru membuka pelajaran dengan salam
· Guru mengecek kehadiran siswa
· Guru melakukan
brainstorming tentang pengetahuan, ilmu dan sosiologi
|
· Daftar siswa
· Buku paket, Catatan
|
2
3
5
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Menjelaskan Pokok materi
|
· Guru menjelaskan tentang pengetahuan dan ilmu pengetahuan dengan
memakai powerpoint
· Guru menjelaskan tentang syarat-syarat pengetahuan menjadi ilmu pengetahuan
· Guru menjelaskan syarat sosiologi sebgai ilmu pengetahuan
· Guru menjelaskan tentang batasan dan ruang lingkup sosiologi
sambil bertanya kepada siswa tentang pendapat mereka
· Guru menjelaskan sejarah dan perkembangan
sosiologi
· Guru menjelaskan tentang teori-teori sosiologi
· Guru menjelaskan tentang metode kajian sosiologi
|
· Buku paket, catatan siswa, LCD, powerpoint, daftar siswa untuk
menilai yang aktif
|
50
|
3
|
Kegiatan Penutup
a.
Penutup mater
b.
Evaluasi
c.
Pemberian Tugas
d.
Penutup
|
· Guru dan siswa meriview kembali materi yang baru dipelajari
· Guru mengakhiri penjelasan dan memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau menyampaikan pendapat
· Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui
tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang baru diajarkan
· Guru memberi tugas kepada siswa terkait materi
yang telah diajarkan
· Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam
|
· Modul, catatan siswa
|
20
|
Jumlah
alokasi waktu
|
80
|
H.
Sumber Belajar
·
Buku Sosiologi SMA/MA kelas X
karangan Idianto Muin terbitan Erlangga
I.
Media pembelajaran
·
Laptop
·
LCD
·
Powerpoint
J.
Penilaian Hasil Belajar
a)
Teknik
·
Post test
b)
Bentuk Instrumen
1)
Sebutkan syarat sosiologi
sebagai ilmu pengetahuan!
2)
Bagaimanakah
sejarah dan perkembangan sosiologi?
3)
Jelaskan ruang lingkup kajian
sosiologi!
4)
Sebutkan
teori-teori utama dalam sosiologi!
5)
Sebutkan metode kajian
sosiologi!
c)
Kunci jawaban
1) Empiris, logis rasional, obyektif, nonetis
2) Sosiologi pertamakali muncul pada tahun 1838 dicetuskan oleh Auguste
Comte. Lahirnya sosiologi dilatarbelakngi oleh revolusi industry dan revolusi
politik di Eropa, sosiologi semakin berkembang dan banyak tokoh yang
menyumbangkan pemikirannya, hingga sekarang menjadi sosiologi modern dan
postmodern
3) Ruang lingkup kajian sosiologi meliputi masyarakat dengan segala
tingkah lakunya, yaitu: individu, kelompok, masyarakat, interaksi social, kelas
social, sosialisasi, dll
4) Fungsionalisme, strukturalisme, teori konflik, pertukaran social,
interaksionisme simbolik
5) Metode kajian sosiologi meliputi kualitatif dan kuantitatif dengan
strategi interview, observasi, angket, dll
d)
Lembar Observasi
Instrumen
|
Skala Kuantitatif
|
Nilai
|
||||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Menjelaskan syarat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
|
|||||
2
|
Menjelaskan sejarah perkembangan sosiologi
|
|||||
3
|
Menjelaskan ruang lingkup sosiologi
|
|||||
4
|
Menjelaskan teori sosiologi
|
|||||
5
|
Menyebutkan metode kajian sosiologi
|
|||||
Jumlah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar