Kamis, 20 Oktober 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)

NAMA SEKOLAH               : SMA MAJU PERMAI
KELAS/SEMESTER             : X-1
MATA PELAJARAN             : SOSIOLOGI
PERTEMUAN                       : 1
ALOKASI WAKTU              : 2X40 MENIT

A.      Standar Kompetensi
·      Memahami Perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat

B.       Kompetensi Dasar
·      Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan  masyarakat dan lingkungan

C.      Indikator Pembelajaran
·      Mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode

D.      Tujuan Pembelajara
·      Murid dapat mendefinisikan pengetahuan dan ilmu pengetahuan
·      Murid dapat memahami syarat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
·      Murid dapat menjelaskan batasan pengertian dan ruang lingkup sosiologi
·      Murid dapat memahami sejarah dan pekembangan sosiologi
·      Murid dapat memahami teori dan metode kajian sosiologi

E.       Materi Pembelajaran
·      Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan
·      Syarat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
·      Batasan Pengertian dan Ruang Lingkup Sosiologi
·      Sejarah dan Perkembangan Sosiologi
·      Teori Sosiologi dan Metode kajian Sosiologi

F.       Metode dan Strategi Pembelajaran
·      Ceramah Variatif
·      Presentasi
·      Tanya Jawab

G.      Kegiatan Belajar
No
Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Media
Waktu
(menit)
1
Kegiatan Pendahuluan
a.    Pembukaan
b.    Presensi
c.    Apersepsi


·      Guru membuka pelajaran dengan salam
·      Guru mengecek kehadiran siswa
·      Guru melakukan brainstorming tentang pengetahuan, ilmu dan sosiologi



· Daftar siswa
· Buku paket, Catatan




2
3
5
2.
Kegiatan Inti
a.    Menjelaskan Pokok materi

·      Guru menjelaskan tentang pengetahuan dan ilmu pengetahuan dengan memakai powerpoint
·      Guru menjelaskan tentang syarat-syarat pengetahuan menjadi ilmu pengetahuan
·      Guru menjelaskan syarat sosiologi sebgai ilmu pengetahuan
·      Guru menjelaskan tentang batasan dan ruang lingkup sosiologi sambil bertanya kepada siswa tentang pendapat mereka
·      Guru menjelaskan sejarah dan perkembangan sosiologi
·      Guru menjelaskan tentang teori-teori sosiologi
·      Guru menjelaskan tentang metode kajian sosiologi

· Buku paket, catatan siswa, LCD, powerpoint, daftar siswa untuk menilai yang aktif

50
3
Kegiatan Penutup
a.    Penutup mater
b.    Evaluasi


c.    Pemberian Tugas
d.   Penutup


·      Guru dan siswa meriview kembali materi yang baru dipelajari
·      Guru mengakhiri penjelasan dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau menyampaikan pendapat
·      Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang baru diajarkan
·      Guru memberi tugas kepada siswa terkait materi yang telah diajarkan
·      Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam


· Modul, catatan siswa










20
Jumlah alokasi waktu
80

H.      Sumber Belajar
·                     Buku Sosiologi SMA/MA kelas X karangan Idianto Muin terbitan Erlangga

I.         Media pembelajaran
·                     Laptop
·                     LCD
·                     Powerpoint

J.        Penilaian Hasil Belajar
a)                  Teknik
·      Post test
b)                 Bentuk Instrumen
1)   Sebutkan syarat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan!
2)   Bagaimanakah sejarah dan perkembangan sosiologi?
3)   Jelaskan ruang lingkup kajian sosiologi!
4)   Sebutkan teori-teori utama dalam sosiologi!
5)   Sebutkan metode kajian sosiologi!


c)    Kunci jawaban
1)   Empiris, logis rasional, obyektif, nonetis
2)   Sosiologi pertamakali muncul pada tahun 1838 dicetuskan oleh Auguste Comte. Lahirnya sosiologi dilatarbelakngi oleh revolusi industry dan revolusi politik di Eropa, sosiologi semakin berkembang dan banyak tokoh yang menyumbangkan pemikirannya, hingga sekarang menjadi sosiologi modern dan postmodern
3)   Ruang lingkup kajian sosiologi meliputi masyarakat dengan segala tingkah lakunya, yaitu: individu, kelompok, masyarakat, interaksi social, kelas social, sosialisasi, dll
4)   Fungsionalisme, strukturalisme, teori konflik, pertukaran social, interaksionisme simbolik
5)   Metode kajian sosiologi meliputi kualitatif dan kuantitatif dengan strategi interview, observasi, angket, dll


d)   Lembar Observasi
Instrumen
Skala Kuantitatif
Nilai
4
3
2
1
1
Menjelaskan syarat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan





2
Menjelaskan sejarah perkembangan sosiologi




3
Menjelaskan ruang lingkup sosiologi




4
Menjelaskan teori sosiologi




5
Menyebutkan metode kajian sosiologi





Jumlah











Tidak ada komentar:

Posting Komentar