1.1 Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah proses interaksi
bertujuan, interaksi ini terjadi antara guru dan siswa, yang bertujuan
meningkatkan perkembangan mental sehingga menjadi mandiri. Secara umum dapat
dikatakan bahwa pendidikan merupakan satuan tindakan yang memungkinkan
terjadinya belajar dan perkembangan. Pertumbuhan dan perkembangan peserta didik
bergantung pada dua unsur yang saling mempengaruhi, yakni bakat yang dimiliki
oleh peserta didik sejak lahir, dan lingkungan yang mempengaruhi hingga bakat
itu tumbuh dan berkembang.
Layanan pendidikan yang bermutu akan
menentukan tinggi atau rendahnya perolehan hasil belajar siswa. Selain itu,
hasil belajar siswa berkaitan dengan seberapa besar siswa memiliki keinginan
yang kuat untuk terlibat secara aktif dalam proses belajar. Keinginan yang kuat
serta keterlibatan aktif dalam proses belajar menunjukkan kadar atau kondisi
motivasi belajar yang dimiliki siswa. Pencapaian hasil belajar yang tinggi oleh
siswa tidak bisa dilepaskan dari standar proses yang menampilkan kualitas
layanan pembelajaran
Dalam
melaksanakan tugasnya, guru dituntut memiliki kompetensi profesonal yaitu
kemampuan yang diperlukan agar dapat mewujudkan dirinya sebagai guru
profesional yang harus dimiliki oleh guru tersebut. Kompetensi profesional guru
salah satunya dapat tercermin dalam proses memilih dan memanfaatkan metode
mengajar, seperti menciptakan dan merancang program pembelajaran yang
menyenangkan, kreatif dan inovatif, yang pada akhirnya dapat membangkitkan
semangat dan motivasi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran sesuai dengan
tujuan yang diharapkan. Sehingga akhirnya siswa mendapatkan prestasi yang baik.
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian
yang berjudul : : ”Hubungan Kompetensi Profesional
Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di sekolah x”
1.2 Rumusan Masalah Penelitian
Berdasarkan
latar belakang di atas, difokuskan pada bagaimanakah adanya hubungan kompetensi
profesional guru dengan motivasi belajar siswa.
Adapun rumusan
masalah sebagi berikut :
1.
Bagaimana gambaran kompetensi profesional guru di sekolah x
2.
Bagaimana gambaran motivasi belajar siswa di sekolah x
3. Adakah hubungan positif antara kompetensi
profesional guru dengan motivasi belajar siswa di sekolah x
1.3 Tujuan Penelitian
Berdasarkan
masalah yang telah ditetapkan di atas, maka penelitian ini mempunyai tujuan
untuk mendapatkan gambaran secara empiris yang mengenai hal-hal sebagai berikut
:
a. Untuk
memberikan gambaran tentang Kompetensi Profesional Guru di sekolah x
b. Untuk
memberikan gambaran tentang Motivasi Belajar Siswa di sekolah x
c. Untuk
mengukur hubungan Kompetensi Profesional Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di sekolah x
1.4 Maksud Penelitian
Untuk memperluas pandangan
tentang bagaimana Kompetensi Profesional Guru dengan Motivasi Belajar Siswa.
1.5 Batasan Masalah
Fokus pada penelitian ini dibatasi pada persepsi siswa
terhadap kompetensi profesional mengajar guru dan
motivasi belajar siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar