Kamis, 20 Oktober 2016

Hubungan Kompetensi Profesional Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di sekolah



1.1 Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah proses interaksi bertujuan, interaksi ini terjadi antara guru dan siswa, yang bertujuan meningkatkan perkembangan mental sehingga menjadi mandiri. Secara umum dapat dikatakan bahwa pendidikan merupakan satuan tindakan yang memungkinkan terjadinya belajar dan perkembangan. Pertumbuhan dan perkembangan peserta didik bergantung pada dua unsur yang saling mempengaruhi, yakni bakat yang dimiliki oleh peserta didik sejak lahir, dan lingkungan yang mempengaruhi hingga bakat itu tumbuh dan berkembang.
Layanan pendidikan yang bermutu akan menentukan tinggi atau rendahnya perolehan hasil belajar siswa. Selain itu, hasil belajar siswa berkaitan dengan seberapa besar siswa memiliki keinginan yang kuat untuk terlibat secara aktif dalam proses belajar. Keinginan yang kuat serta keterlibatan aktif dalam proses belajar menunjukkan kadar atau kondisi motivasi belajar yang dimiliki siswa. Pencapaian hasil belajar yang tinggi oleh siswa tidak bisa dilepaskan dari standar proses yang menampilkan kualitas layanan pembelajaran
Dalam melaksanakan tugasnya, guru dituntut memiliki kompetensi profesonal yaitu kemampuan yang diperlukan agar dapat mewujudkan dirinya sebagai guru profesional yang harus dimiliki oleh guru tersebut. Kompetensi profesional guru salah satunya dapat tercermin dalam proses memilih dan memanfaatkan metode mengajar, seperti menciptakan dan merancang program pembelajaran yang menyenangkan, kreatif dan inovatif, yang pada akhirnya dapat membangkitkan semangat dan motivasi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Sehingga akhirnya siswa mendapatkan prestasi yang baik.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul : : ”Hubungan Kompetensi Profesional Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di sekolah x”

1.2 Rumusan Masalah Penelitian
Berdasarkan latar belakang di atas, difokuskan pada bagaimanakah adanya hubungan kompetensi profesional guru dengan motivasi belajar siswa.
Adapun rumusan masalah sebagi berikut :
1.      Bagaimana gambaran kompetensi profesional guru di sekolah x
2.      Bagaimana gambaran motivasi belajar siswa di sekolah x
 3.     Adakah hubungan positif antara kompetensi profesional guru dengan motivasi belajar siswa  di sekolah x

1.3  Tujuan Penelitian
Berdasarkan masalah yang telah ditetapkan di atas, maka penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendapatkan gambaran secara empiris yang mengenai hal-hal sebagai berikut :
a.   Untuk memberikan gambaran tentang Kompetensi Profesional Guru di sekolah x
b.   Untuk memberikan gambaran tentang Motivasi Belajar Siswa di sekolah x
c.   Untuk mengukur hubungan Kompetensi Profesional Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di sekolah x

1.4 Maksud Penelitian
Untuk memperluas pandangan tentang bagaimana Kompetensi Profesional Guru dengan Motivasi Belajar Siswa.

1.5 Batasan Masalah
Fokus pada penelitian ini dibatasi pada persepsi siswa terhadap kompetensi profesional mengajar guru dan motivasi belajar siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar